Bhagawad Gita Bab 13 | Medan Laga dan Mengenalnya Bermain dengan Apik

Gita bab 13 – Ksetra Ksetradnya Yoga, Alam, Kepribadian Yang Menikmati dan Kesadaran, menguraikan hakikat Ketuhanan Yang Maha Esa dalam hubungan dengan purusa dan prakrti, orang yang mengerti perbedaan antara badan, dengan sang roh dan Jiwa Agung yang melampaui badan dan roh, akan mencapai pembebasan dari dunia material.


13:0

arjuna uvāca
prakṛtiṁ puruṣaṁ caiva kṣetraṁ kṣetra-jñam eva ca
etad veditum icchāmi jñānaṁ jñeyaṁ ca keśava

Arjuna bertanya:

“Wahai Kṛṣṇa, aku ingin tahu mohon jelaskan padaku, apakah sesungguhnya Prakṛti itu? Apa pula Puruṣa? Apa yang disebut Kṣetra, dan apakah Kṣetrajña? Apakah Pengetahuan Sejati, dan siapa yang memilikinya?”


13:1-4

śrī-bhagavān uvāca
idaṁ śarīraṁ kaunteya kṣetram ity abhidhīyate
etad yo vetti taṁ prāhuḥ kṣetra-jña iti tad-vidaḥ

kṣetra-jñaṁ cāpi māṁ viddhi sarva-kṣetreṣu bhārata
kṣetra-kṣetrajñayor jñānaṁ yat taj jñānaṁ mataṁ mama

tat kṣetraṁ yac ca yādṛk ca yad-vikāri yataś ca yat
sa ca yo yat-prabhāvaś ca tat samāsena me śṛṇu

ṛṣibhir bahudhā gītaṁ chandobhir vividhaiḥ pṛthak
brahma-sūtra-padaiś caiva hetumadbhir viniścitaiḥ

Śrī Bhagavān (Kṛṣṇa Hyang Maha Berkah) bersabda:

“Wahai Arjuna, śarīra atau raga ini disebut kṣetra (medan laga) dan ia yang memahaminya disebut kṣetrajña; demikian menurut para bijak yang memahami kebenaran tentang keduanya.”

“Wahai Arjuna, bahwa Aku adalah kṣetrajña setiap kṣetra; Aku mengetahui ihwal setiap medan laga; mengetahui kedua hal inilah Pengetahuan Sejati, demikian pendapat-Ku.”

“Sekarang, dengarlah secara singkat tentang kṣetra, seperti apakah bentuk keragamannya, dan apa yang menyebabkannya; pun tentang kṣetrajña dan kemuliaan-Nya.”

“Kebenaran tentang kṣetra dan kṣetrajña telah dijelaskan oleh para bijak dengan berbagai cara; pun telah teruraikan dalam ayat-ayat suci (Veda) dan tulisan-tulisan lain tentang ketuhanan (Brahma Sūtra).”


13:5-6

mahā-bhūtāny ahaṁkāro buddhir avyaktam eva ca
indriyāṇi daśaikaṁ ca pañca cendriya-gocarāḥ

icchā dveṣaḥ sukhaṁ duḥkhaṁ saṁghātaś cetanā dhṛtiḥ
etat kṣetraṁ samāsena sa-vikāram udāhṛtam

“Lima elemen (Air, Api, Tanah, Angin, dan Eter atau Substansi Ruang); Ego atau Kesadaran ‘aku’, ke-‘aku’-an; Intelek; dan Materi lain yang masih belum bermanifestasi (antara lain: obsesi, harapan, impian dan sebagainya); sepuluh indra kegiatan dan persepsi (Mata, Hidung, Mulut, Telinga, dan Kulit;Penglihatan, Penciuman, Pengecapan, Pendengaran, dan Persentuhan); Gugusan Pikiran serta Perasaan (Mind);”

“Pun Keinginan, Kebencian, Suka, Duka; Hubungan dan Pergaulan, Kesadaran Dasar, Keteguhan; semuanya itu, dengan segala keberagamannya, disebut kṣetra.”


13:7-11

amānitvam adambhitvam ahiṁsā kṣāntir ārjavam
ācāryopāsanaṁ śaucaṁ sthairyam ātma-vinigrahaḥ

indriyārtheṣu vairāgyam anahaṁkāra eva ca
janma-mṛtyu-jarā-vyādhi-duḥkha-doṣānudarśanam

asaktir anabhiṣvaṅgaḥ putra-dāra-gṛhādiṣu
nityaṁ ca sama-cittatvam iṣṭāniṣṭopapattiṣu

mayi cānanya-yogena bhaktir avyabhicāriṇī
vivikta-deśa-sevitvam aratir jana-saṁsadi

adhyātma-jñāna-nityatvaṁ tattva-jñānārtha-darśanam
etaj jñānam iti proktam ajñānaṁ yad ato’nyathā

“Tidak sombong, tidak munafik, tanpa kekerasan; kesabaran, kebajikan; pelayanan pada guru; kemurnian atau kebersihan luar dan dalam diri; keteguhan hati dan pengendalian diri;”

“Tidak tergoda oleh pemicu-pemicu indra; tanpa ego, dan perenungan pada penderitaan kelahiran, kematian, masa tua, dan penyakit;”

“Tanpa keterikatan dan tidak bergantung pada anak, pendamping, hunian dan lain sebagainya; keseimbangan diri dalam keadaan yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan;”

“Pengabdian pada-Ku, tanpa keraguan, dan dalam kesadaran kemanunggalan Yoga; senang berpergian ke tempat-tempat yang tenang dan suci; tidak menikmati persahabatan dengan mereka yang bersifat duniawi;”

“Senantiasa berkesadaran Jiwa, dan menyadari Kebenaran Hakiki sebagai tujuan tunggal segala pengetahuan, semuanya ini disebut Pengetahuan Sejati, segala hal selain ini adalah kebodohan.”


13:12

jñeyaṁ yat tat pravakṣyāmi yaj jñātvāmṛtam aśnute
anādi mat-paraṁ brahma na sat tan nāsad ucyate

“Sekarang akan Ku-jelaskan apa yang patut diketahui, pengetahuan yang dapat menghasilkan kehidupan abadi (kebahagiaan sejati nan tertinggi); (pengetahuan tentang) Brahman Hyang Maha Tinggi, Tak-Berawal, Bukan Sat (Berwujud/Nyata), Bukan pula Asat (Tak Berwujud/Tak Nyata).”


13:13

sarvataḥ pāṇi-pādaṁ tat sarvato’kṣi-śiro-mukham
sarvataḥ śrutimal loke sarvam āvṛtya tiṣṭhati

“Tangan dan kaki-Nya ada di mana-mana; mata, kepala, dan mulut-Nya, wajah-Nya pun di mana-mana. Demikian pula telinga-Nya; sungguh Ia meliputi alam semesta.”


13:14-15

sarvendriya-guṇābhāsaṁ sarvendriya-vivarjitam
asaktaṁ sarva-bhṛc caiva nirguṇaṁ guṇa-bhoktṛ ca

bahir antaś ca bhūtānām acaraṁ caram eva ca
sūkṣmatvāt tad avijñeyaṁ dūra-sthaṁ cāntike ca tat

“Seolah memiliki sifat-sifat indra, sesungguhnya Ia bebas dari segala sifat; tak terikat dengan sesuatu apa pun, namun tetaplah Ia menghidupi semuanya; bebas dari segala guṇa atau sifat, tetaplah Ia menikmati setiap guṇa, setiap sifat;”

“Ia berada di luar dan di dalam setiap makhluk; dalam wujud-wujud yang bergerak, maupun yang tidak bergerak; Ia Maha Halus, sehingga tak terjangkau, Ia sangat dekat, sekaligus sangat jauh.”


13:16

avibhaktaṁ ca bhūteṣu vibhaktam iva ca sthitam
bhūta-bhartṛ ca taj jñeyaṁ grasiṣṇu prabhaviṣṇu ca

“Kendati Tunggal dan Tak-Terbagi ada-Nya, Ia tampak terbagi dalam diri makhluk-makhluk hidup dan wujud-wujud yang tak bergerak; Ialah satu-satu-Nya yang patut diketahui, Hyang senantiasa Memelihara, Memusnahkan, dan Mendaur-Ulang, Mencipta kembali.”


13:17

jyotiṣām api taj jyotis tamasaḥ param ucyate
jñānaṁ jñeyaṁ jñāna-gamyaṁ hṛdi sarvasya viṣṭhitam

“Cahaya di atas segala cahaya; Ia melampaui kegelapan ilusif; Pengetahuan Sejati, Hyang Patut Diketahui, dan Hyang Tercapai lewat Pengetahuan; sesungguhnya, Ia pun bersemayam di dalam diri setiap makhluk.”


13:18

iti kṣetraṁ tathā jñānaṁ jñeyaṁ coktaṁ samāsataḥ
mad-bhakta etad vijñāya mad-bhāvāyopapadyate

“Demikianlah penjelasan tentang kṣetra atau medan laga, pengetahuan sejati, dan apa yang patut diketahui. Para panembah yang memahami hal ini, niscaya menyatu dengan-Ku.”


13:19

prakṛtiṁ puruṣaṁ caiva viddhy anādī ubhāv api
vikārāṁś ca guṇāṁś caiva viddhi prakṛti-saṁbhavān

“Ketahuilah pula bahwa Prakṛti (Alam Benda) dan Puruṣa (Gugusan Jiwa-Jiwa Individu secara kolektif) dua-duanya adalah tanpa awal. Segala pengalaman berlawanan seperti suka dan tak-suka dan sebagainya, serta objek-objek alam dengan tiga sifat utama lahir dari Alam-Benda, Prakṛti.”


13:20

kārya-kāraṇa-kartṛtve hetuḥ prakṛtir ucyate
puruṣaḥ sukha-duḥkhānāṁ bhoktṛtve hetur ucyate

“Alam Kebendaan atau Prakṛti disebut penyebab badan, indra, dan sebagainya; dan Gugusan Jiwa atau Puruṣa adalah sebab dari segala macam pengalaman suka dan duka.”


13:21

puruṣaḥ prakṛti-stho hi bhuṅkte prakṛti-jān guṇān
kāraṇaṁ guṇa-saṅgo’sya sad-asad-yoni-janmasu

Puruṣa atau Gugusan Jiwa yang berinteraksi dengan Prakṛti dan segala sifat kebendaannya, mengalami berbagai pengalaman sebagai hasil interaksi. Interaksi ini pula yang kemudian menjadi sebab kelahiran Jiwa lewat rahim yang baik atau tidak baik.”


13:22

upadraṣṭānumantā ca bhartā bhoktā maheśvaraḥ
paramātmeti cāpy ukto dehe’smin puruṣaḥ paraḥ

“Sesungguhnya Jiwa yang bersemayam di dalam badan adalah (sama dengan sumbernya) Maheśvara, Hyang Maha Agung; maka, Ia disebut saksi, pemandu, pendukung, yang mengalami segala pengalaman, Ia pula adalah Paramātmā, Jiwa Agung, Sang Puruṣa Tertinggi”


13:23

ya evaṁ vetti puruṣaṁ prakṛtiṁ ca guṇaiḥ saha
sarvathā vartamāno’pi na sa bhūyo’bhijāyate

“Ia yang memahami Puruṣa, Gugusan Jiwa, dan Prakṛti, Alam Kebendaan bersama sifat-sifatnya, tidak akan lahir kembali, walau saat ini ia masih terlihat dalam penyelesaian tugasnya.”


13:24

dhyānenātmani paśyanti kecid ātmānam ātmanā
anye sāṁkhyena yogena karma-yogena cāpare

“Sebagian orang mencapai Kesadaran Jiwa lewat Dhyāna atau Meditasi dan melihat-Nya di dalam diri; sebagian lagi meraih-Nya lewat Sāṁkhya, dengan menganalisis diri; ada pula yang memperoleh-Nya lewat karya tanpa pamrih atau Karma Yoga.”


13:25

anye tv evam ajānantaḥ śrutvānyebhya upāsate
te’pi cātitaranty eva mṛtyuṁ śruti-parāyaṇāḥ

“Mereka yang tidak cerdas (tidak memiliki pemahaman tentang jati diri dan cara untuk menemukannya, sebagaimana telah dijelaskan); memuja Jiwa Agung berdasarkan uraian yang didengarnya dari orang lain. Kendati demikian, mereka pun melampaui kematian.”


13:26

yāvat sañjāyate kiñcit sattvaṁ sthāvara-jaṅgamam
kṣetra-kṣetrajña-saṁyogāt tad viddhi bharatarṣabha

“Wahai Arjuna, semua mahluk yang bergerak maupun yang tidak bergerak, lahir dari pertemuan antara kṣetra – alam kebendaan, materi; dan kṣetrajña – Sang Jiwa, Roh, Spirit.”


13:27

samaṁ sarveṣu bhūteṣu tiṣṭhantaṁ parameśvaram
vinaśyatsv avinaśyantaṁ yaḥ paśyati sa paśyati

“Ia yang melihat Hyang Maha Kuasa dan Tak Pernah Punah, di balik segala sesuatu yang mengalami kepunahan, baik hidup dan bergerak, maupun yang (tampak) tidak hidup dan tidak bergerak, sesungguhnya telah mengetahui kebenaran sebagaimana adanya.”


13:28

samaṁ paśyan hi sarvatra samavasthitam īśvaram
na hinasty ātmanātmānaṁ tato yāti parāṁ gatim

“Demikian, dengan melihat-Nya berada dalam setiap makhluk dan setiap wujud (baik yang bergerak maupun yang memberi kesan tidak bergerak), ia tidak akan menyakiti sesama, dan mencapai kesadaran tertinggi.”


13:29

prakṛtyaiva ca karmāṇi kriyamāṇāni sarvaśaḥ
yaḥ paśyati tathātmānam akartāraṁ sa paśyati

“Ia yang melihat setiap tindakan di mana pun adalah disebabkan oleh alam atau Prakṛti; sementara Sang Jiwa sesungguhnya tidak berbuat apa-apa – adalah yang telah melihat sebenarnya.”


13:30

yadā bhūta-pṛthag-bhāvam eka-stham anupaśyati
tata eva ca vistāraṁ brahma sampadyate tadā

“Ketika seseorang menyadari Sang Jiwa Agung sebagai Landasan Tunggal bagi keberadaan makhluk-makhluk beragam, maka saat itu juga ia mencapai-Nya.”


13:31

anāditvān nirguṇatvāt paramātmāyam avyayaḥ
śarīra-stho’pi kaunteya na karoti na lipyate

“Wahai Arjuna, Jiwa Agung Hyang Tak Terpunahkan adalah Tak Berawal dan Tanpa Sifat. Kendati bersemayam di dalam badan, sesungguh-nya Ia tidak bertindak, maka tidak tercemar pula.”


13:32

yathā sarva-gataṁ saukṣmyād ākāśaṁ nopalipyate
sarvatrāvasthito dehe tathātmā nopalipyate

“Sebagaimana eter (substansi ruang) yang meliputi segalanya tidak pernah tercemar karena kehalusannya (subtlety), demikian pula, walau Sang Jiwa bersemayam di dalam badan, Ia tidak terpengaruh oleh sifat-sifat badan (karena kodrat-Nya yang melampaui segala sifat, Tidak Bersifat).”


13:33

yathā prakāśayaty ekaḥ kṛtsnaṁ lokam imaṁ raviḥ
kṣetraṁ kṣetrī tathā kṛtsnaṁ prakāśayati bhārata

“Wahai Arjuna, sebagaimana matahari yang satu dan tunggal adanya menerangi seluruh bumi; demikian pula Jiwa Tunggal menerangi seluruh medan, seluruh kṣetra ini.”


13:34

kṣetra-kṣetrajñayor evam antaraṁ jñāna-cakṣuṣā
bhūta-prakṛti-mokṣaṁ ca ye vidur yānti te param

“Demikian, mereka yang secara bijak memahami perbedaan antara kṣetra dan kṣetrajña, medan laga dan yang mengenalnya, menguasainya; dan (memahami pula) fenomena pembebasan dari Prakṛti (alam kebendaan) dengan segala sifat dan keberagaman yang berkembang darinya, mencapai Keadaan Tertinggi (mengalami kemanunggalan dengan Jiwa Agung).”

Demikian berakhirlah Percakapan Ketigabelas Gita bab 13.

← Sebelumnya | Selanjutnya →

Sumber: https://bhagavadgita.or.id/