
Percakapan Kedelapan – Bhagawad Gita bab 8
Gita bab 8: Siapakah sesungguhnya Brahman, Hyang Maha Tinggi atau Jiwa Agung itu? Cara Mencapai Kepada Yang Mahakuasa, Seseorang dapat mencapai tempat tinggal Jiwa Agung Yang Paling Utama, di luar dunia material, dengan cara ingat kepada Tuhan dalam Bhakti semasa hidupnya.
Gita Bab 8: sloka: 1 – 5
8:1
Arjuna uvaca kim tad brahma kim adhyatmam kim karma purusottama.
adhibhutam ca kim proktam adhidaivam kim ucyate.
Arjuna bertanya:
“Krisna, apakah sesungguhnya Brahman atau Hyang Maha Tinggi Jiwa Agung itu? Apa (hubungan-Nya dengan) Adhyatma? Apa makna karmayang sebenarnya? (Mohon penjelasan yang lebih rinci tentang) apa arti Adhibhuta atau alam benda; dan, Adhidaiva – yang konon adalah kesadaran mulia?”
8:2
adhiyajnaḥ katham ko’tra dehe’smin madhusudana
prayana kale ca katham jneyo’si niyatatmabhih
“Krisna, apa pula yang disebut Adhiyajna, dan dengan cara apa, bagaimana Ia bisa bersemayam di dalam diri kita? Bagaimana pula mereka yang telah mengendalikan pikiran serta perasaannya mencapai-Mu – Jiwa Agung – saat kematian?”
8:3
Shri-bhagavan uvaca aksaram brahma paramam svabhavo’dhyatmam ucyate
bhuta-bhavodbhava-karo visargaḥ karma-samjnitaḥ
Shri Bhagaaān (Krisna Hyang Maha Berkah) bersabda:
“Hyang Maha Tinggi dan Tak Termusnahkan – itulah Brahman – Sang Jiwa Agung; Jiwa-Individu atau Jiwatma adalah Adhyatma; dan segala kegiatan yang menyebabkan kelahiran atau keberadaan makhluk-makhluk seantero jagad-raya – itulah Karma.”
8:4
adhibhūtaṁ kṣaro bhāvaḥ puruṣaś cādhidaivatam
adhiyajño’ham evātra dehe
deha-bhṛtāṁ vara
“Arjuna, ketahuilah segala sesuatu yang termusnahkan
sebagai Adhibhūta(kebendaan);
sebagai Puruṣa, Adhidaiva (Kekuatan atau Cahaya Ilahi), Akulah
yang menghidupi alam benda dan kebendaan; dan sebagai Saksi Tunggal akan segala
sesuatu,
Aku pula yang hadir dalam diri-sanubari setiap makhluk sebagaiAdhiyajña.”
8:5
anta-kāle ca mām eva smaran muktvā kalevaram
yaḥ prayāti sa mad-bhāvaṁ yāti nāsty atra saṁśayaḥ
“Saat ajal tiba, seseorang yang meninggalkan badan dengan seluruh kesadarannya terpusatkan pada-Ku, niscaya mencapai-Ku. Tiada keraguan dalam hal itu.”
Gita Bab 8: sloka: 6 – 10
8:6
yaṁ yaṁ vāpi smaran bhāvaṁ tyajaty ante kalevaram
taṁ tam evaiti kaunteya
sadā tad-bhāva-bhāvitaḥ
“Apa pun yang terpikirkan saat ajal tiba, saat seseorang meninggalkan badannya, wahai Arjuna, itu pula yang dicapainya setelah meninggalkan badan. Sebab, pikiran terakhir adalah sama seperti apa yang terpikir olehnya secara terus-menerus sepanjang hidup.”
8:7
tasmāt sarveṣu kāleṣu mām anusmara yudhya ca
mayy arpita-mano-buddhir mām
evaiṣyasy asaṁśayaḥ
“Sebab itu, Arjuna, pusatkan kesadaranmu pada-Ku dan hadapilah peperangan ini – tantangan hidup ini – dengan seluruh pikiran dan kesadaran, serta inteligensiamu terpusatkan pada-Ku, maka niscayalah kau mencapai Ku!”
8:8
abhyāsa-yoga-yuktena cetasā nānya-gāminā
paramaṁ puruṣaṁ divyaṁ yāti pārthānucintayan
“Arjuna, seseorang yang pikirannya terkendali lewat pola hidup berlandaskan Yoga; meditasi secara teratur; dan kesadarannya senantiasa terpusatkan pada Tuhan, pada Jiwa Agung – maka niscaya ia mencapai kemuliaan-Nya yang tak terhingga.”
8:9
kaviṁ purāṇam anuśāsitāram
aṇor aṇīyāṁsam anusmared yaḥ
sarvasya dhātāram acintya-rūpaṁ āditya-varṇaṁ tamasaḥ parastāt
“Ia yang senantiasa memusatkan kesadarannya pada Hyang Maha Bijak, Hyang Kekal Abadi, Penguasa Alam Raya; lebih halus dan dalam dari yang terhalus dan terdalam; Sang Pemelihara Alam Semesta, Hyang wujud-Nya tak dapat dipahami oleh manusia; cahaya-Nya melebihi matahari, dan tak tersentuh oleh gelap ketidaktahuan;”
8:10
prayāṇakāle manasā’calena bhaktyā yukto yoga-balena caiva
bhruvor madhye prāṇam āveśya samyak sa taṁ paraṁ puruṣam upaiti divyam
“Saat tibanya waktu untuk meninggalkan raga, jika seorang yogīberpikiran tenang, terkendali, dan berjiwa penuh devosi – memusatkanprāṇa atau aliran kehidupannya di tengah kedua alis-mata; maka, niscaya ia mencapai Sang Puruṣa – Gugusan Jiwa yang Suci.”
Gita Bab 8: sloka: 11 – 14
8:11
yad akṣaraṁ veda-vido vadanti viśanti yad yatayo vīta-rāgāḥ
yad icchanto brahmacāryaṁ caranti tat te padaṁ saṁgraheṇa pravakṣye
“(Sekarang) dengarlah secara singkat tentang Tujuan Tertinggi (Tuhan, wujud Kebenaran Sejati, Kesadaran Murni, dan Kebahagiaan Kekal Abadi) – mereka yang memahami Veda menyebut-Nya ‘Hyang Tak Termusnahkan’, Hyang dicapai para petapa yang telah bebas dari hawa-nafsu; dan, menjadi Tujuan laku hidup Brahmacārya.”
8:12
sarva-dvārāṇi saṁyamya mano hṛdi nirudhya ca
mūrdhny ādhāyātmanaḥ prāṇam āsthito yoga-dhāraṇām
“Dengan mengendalikan seluruh indranya; gugusan pikiran serta perasaan (mind) terpusatkan di hati; aliran kehidupan (prāṇa) di kepala (di tengah kedua alis mata); dan, berada sepenuhnya dalam KesadaranYoga…”
8:13
om ity ekākṣaraṁ brahma vyāharan mām anusmaran
yaḥ prayāti tyajan dehaṁ sa yāti paramāṁ gatim
“Arjuna, meninggalkan badan dengan cara itu (sebagaimana dijelaskan dalam ayat sebelumnya), sambil mengulangi aksara Tunggal Oṁ, Sabda Ilahi Hyang Tak-Terpunahkan, dengan segenap kesadarannya terpusatkan pada-Ku, niscayalah Hyang Tertinggi tercapai dengan mudah.”
8:14
ananya-cetāḥ satataṁ yo māṁ smarati nityaśaḥ
tasyāhaṁ sulabhaḥ pārtha nitya-yuktasya yogīnaḥ
“Arjuna, seseorang yang senantiasa mengenang-Ku dengan segenap gugusan pikiran serta perasaan yang tidak bercabang – sesungguhnya sudah manunggal dengan-Ku. Seorang Yogī seperti itu mencapai-Ku dengan mudah.”
Gita Bab 8: sloka: 15 – 17
8:15
mām upetya punar janma duḥkhālayam aśāśvatam
nāpnuvanti mahātmānaḥ saṁsiddhiṁ paramāṁ gatāḥ
“Jiwa-Jiwa besar nan mulia (Mahātmā) yang telah mencapai kesempurnaan tertinggi seperti itu, telah manunggal dengan-Ku; tidak lagi mengalami kelahiran ulang di alam benda, yang penuh duka dan bersifat sementara ini.”
8:16
ā-brahma-bhuvanāl lokāḥ punar āvartino’rjuna
mām upetya tu kaunteya punar
janma na vidyate
“Arjuna, dari Alam Penciptaan Sang Pencipta Brahmā atau Brahmalokahingga alam-alam lain di bawahnya – semua mengalami kelahiran ulang. Adalah seseorang yang telah mencapai-Ku saja yang tidak mengalami kelahiran ulang.”
8:17
sahasra-yuga-paryantam ahar yad brahmaṇo viduḥ
rātriṁ yuga-sahasrāntāṁ te’ho-rātravido janāḥ
“Para Yogī yang sadar memahami bahwa sehari ‘kehidupan’ Brahmā adalah sama dengan 1.000 Mahā Yuga – Zaman Agung. Dan satu malam Brahmā pun demikian, sepanjang 1.000 Mahā Yuga – Zaman Agung – hanyalah mereka yang mengetahui kebenaran tentang waktu.”
Selanjutnya Gita Bab 8 aloka: 18 – 28