Brahma Dewa pencipta dalam agama Hindu

74 / 100

Brahma Dewa pencipta dalam agama Hindu


Brahma ( bahasa Sansekerta : ब्रह्मा, IAST : Brahmā ) adalah dewa pencipta dalam agama Hindu .  Ia juga dikenal sebagai Svayambhu (kelahiran sendiri) atau aspek kreatif dari Wisnu ,  Vāgīśa (Tuan Bicara), dan pencipta empat Veda , satu dari masing-masing mulutnya. Brahma adalah pendamping Saraswati dan dia adalah ayah dari Empat Kumaras , Narada , Daksha , Marichi dan banyak lagi. 

Brahma kadang-kadang diidentikkan dengan dewa Veda Prajapati , ia juga dikenal sebagai Vedanatha (dewa Veda),Gyaneshwar (dewa Pengetahuan), Chaturmukha (memiliki Empat Wajah) Svayambhu (lahir sendiri),Brahmanarayana (setengah Brahma dan setengah Wisnu ), dll, serta terkait dengan Kama dan Hiranyagarbha (telur kosmik).  Ia lebih menonjol disebutkan dalam epos Hindu pasca-Veda dan mitologi di Purana . Dalam epos, ia disatukan dengan Purusha .  Brahma adalah bagian dari Trimurti Brahma-Wisnu-Siwa.

Advertisements

Beberapa Purana menggambarkannya muncul dari teratai yang terhubung ke pusar Dewa Wisnu. Kuil yang didedikasikan untuknya ada di India; yang paling terkenal adalah Kuil Brahma, Pushkar di Rajasthan.  Kuil-kuil Brahma ditemukan di luar India, seperti di Kuil Erawan di Bangkok . 

Brahma dalam Bhagawadgita

Dalam kitab suci Bhagawadgita, Dewa Brahma muncul dalam bab 8 sloka ke-17 dan ke-18; bab 14 sloka ke-3 dan ke-4; bab 15 sloka ke-16 dan ke-17. Dalam ayat-ayat tersebut, Dewa Brahma disebut-sebut sebagai Dewa pencipta, yang menciptakan alam semesta atas berkah dari Tuhan Yang Maha Esa (Brahman). Dalam Bhagawadgita juga disebutkan, siang hari bagi Brahma sama dengan satu Kalpa, dan Brahma hidup selama seratus tahun Kalpa, setelah itu dia wafat dan dikembalikan lagi ke asalnya, yakni Tuhan Yang Maha Esa.

Dewa Brahma di Bali



Dalam kehidupan beragama Hindu di Bali, dewa Brahma tidak pernah bisa dilepaskan dari nafas berkeagamaan di Bali.Penggambaran Dewa Brahma di masyarakat Hindu Bali tidak jauh berbeda dengan penggambarannya di India. Dalam kepercayaan di Bali Dewa Brahma diyakini sebagai Dewanya Dapur, Penguasa dan pelindung arah Selatan, bersenjatakan Gada, berwahana Angsa, memiliki Sakti Dewi Saraswati, atribut serba merah.

Dalam Pemujaan dilingkungan desa adat, dia dipuja di sebuah pura yang bernama Pura Desa atau Pura Bale Agung, yang mana dalam pura ini akan ada bangunan yang terbuat dari batu bata sebagai penghormatan kehadapan dia. Sedangkan secara regional Bali, pemujaan Dewa Brahma berada di Pura Luhur Andakasa.

Advertisements
Tag:

Tinggalkan Balasan