Cara membuat website gratis

Di era yang sudah serba internet, memahami tentang web developing dan web hosting  adalah hal yang sangat penting sekali. Mengingat sekarang ini setiap orang mulai berlomba-lomba agar mendapat ruangan tersendiri dalam memperlihatkan siapakah dirinya. Salah satu cara termudah untuk mengekspresikan diri adalah membuat website sendiri. Meskipun begitu, sebelum mempunyai sebuah web, anda harus mencari tahu cara membuat website gratis dan memilih hosting terbaik untuk mengelola kebutuhan web anda.

Ada beberapa cara untuk membuat website gratis maupun berbayar, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut ini beberapa Cara membuat website gratis ataupun berbayar.

Gunakan wordpress.com

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Sumber –Wikipedia.org. WordPress sudah mendukung multi bahasa dari seluruh dunia termasuk bahasa Indonesia.

Langkah langkah membuat website gratis menggunakan wordpress

Kunjungi laman wordpress.com, pilih menu “Daftar” atau “Buat website” kemudian pilih layanan “Gratis“. Pilih nama website yang kamu inginkan. “hanya tersedia sub Domain untuk layanan gratis. (sub domain: example.wordpress.com). Jika ingin menggunakan root domain harus memilih layanan berbayar (root domain misal; https://pujashanti.web.id)”

Setelah memilih nama website kemudian pilih “Coba gratis” kemudian halaman akan dialihkan ke dashboard WordPress. Selamat websitemu sudah jadi, selanjutnya buat postingan pertama mu. Sebelum mempublikasikan website, lakukan langkah persiapan dulu ya, seperti: setelan, judul, deskripsi, halaman post, page dan kustomisasi tampilan website agar website mu terlihat bagus. Perlu diketahui bahwa wordpress.com tidak mengizinkan pengguna versi gratis untuk merubah theme, mengganti/menginstal plugin bawaan ataupun meng-hosting website menggunakan layanan hosting pihak ketiga, dan wordpress juga tidak mengizinkan memonetisasi website untuk versi gratis.

Menggunakan blogspot.com

Blogger adalah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu. Ini dikembangkan oleh Pyra Labs, yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut kini didukung sepenuhnya oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain “blogspot.com”. Blog juga dapat disajikan dari domain khusus yang dimiliki oleh pengguna (seperti www.example.com) dengan menggunakan fasilitas DNS untuk mengarahkan domain ke server Google. Seorang pengguna dapat memiliki hingga 100 blog per akun. Sumber – Wikipedia.org.

Tidak seperti wordpress.com yang semuanya serba terbatas, blogspot.com memberikan keleluasaan untuk merubah tema/tampilan halaman website. Kamu bisa lebih leluasa meng-kustomisasi tampilan blog. Untuk url blog hanya tersedia sub domain (contohnya seperti: example.blogspot.com) jika kamu ingin menggunakan root domain (misal: https://pujashanti.web.id), kamu bisa meng-hosting domain kamu menggunakan layanan hosting pihak ketiga atau layanan domain yang disediakan oleh google, tentunya kamu harus bayar ya.

Langkah langkah membuat website/blog menggunakan blogspot.com

Cara membuat website gratis
IMG 20210107 125526

Puja Shanti

Pertama kamu harus memiliki akun google untuk mendaftar. Kunjungi halaman blogger.com pilih “Daftar” atau “Buat Blog” pilih nama blog >> pilih url blog >> pilih lanjutkan dan blog kamu pun sudah jadi, gampang banget kan!!

Selanjutnya buat postingan pertama mu. Jika ingin meng-kustomisasi tampilan, merubah setelan blog dll, bisa dilakukan dari menu/tab setelan blog.

Cara membuat website wordpress menggunakan layanan self-hosted

Membuat website wordpress dengan protokol self-hosted maksudnya adalah kita bisa membuat website menggunakan software gratis wordpress.org namun website tersebut kita jalankan atau dihosting menggunakan layanan “Webhosting” mandiri dari penyedia layanan “Domain dan Webhosting” seperti contohnya “Indowebsite”. Keuntungan dari cara ini adalah tidak ada batasan untuk merubah tampilan/setelan website, merubah/menambah plugin, memonetisasi/menampilkan iklan di website dan banyak lagi keuntungan lainnya.

Langkah langkah membuat website wordpress self-hosted

Menggunakan cara ini tentu membutuhkan biaya gaess!!
Langkah pertama kunjungi halaman website penyedia layanan, misalkan; https://Indowebsite.co.id. >> pilih “paket layanan” >> pilih “domain” yang diinginkan >> pilih “chek-out” >> bayar tagihan layanan. Setelah melakukan pembayaran, layanan hosting akan langsung aktif (jangan lupa untuk menkonfirmasi pembayaran)

Cara membuat website gratis

Langkah kedua: Buka halaman client area pilih layanan hosting yang telah aktif klik >> “Auto instal” pilih software “wordpress” Kamu akan diminta mengisi data website, lengkapi semua detail/kolom pengaturan, seperti folder website (biasanya kolom terlihat “/wp” – sebailknya hapus atau kosongin aja karena akan berdampak pada url situs) isi kolom user-id, pasword, judul website, deskripsi website, theme dll. Setelah proses instalasi selesai buka url website kamu “tambahkan “/wp-admin” pada akhir url untuk login ke dashboard admin website, (Misal: https://pujashanti.web.id/wp-admin) masukan detail login yang sebelumnya telah kamu buat saat proses instalasi software.

Kini website kamu telah online, mulailah membuat postingan pertama kamu. Jangan lupa merubah beberapa setelan; bahasa, tema/tampilan situs agar website mu terlihat bagus. Coba pesan layanan Webhosting sekarang disini dan mulailah membuat website impian kamu. Atau lihat halaman Jasa pembuatan website kami

Demikian tutorial saya kali ini tentang cara membuat website. Semoga bermanfaat. Jika ingin bertanya atau bantuan jangan ragu untuk menghubungi kami.

Tulis komentar

Gst Komang Yoga

Gst Komang Yoga

Hi, saya Gst. km. yoga, Saya adalah author situs web Puja Shanti.

ConveyThis