Guru Puja

  • by
Guru puja
80 / 100

Apa yang dimaksud Guru puja ?

Guru puja adalah mantra puja yang diberikan guru kepada murid, yang kemudian mengucapkan mantra untuk pertumbuhan rohaninya.  Berasal dari bahasa Sansekerta, gu berarti “kegelapan”; ru berarti “penghilang”;man berarti “berpikir”; dan tra berarti “membebaskan.” Karena itu, guru adalah penghilang kegelapan, dan mantra adalah sarana untuk pembebasan.

Guru Mantra dapat berupa satu kata atau serangkaian frasa, tetapi sering kali menyertakan nama dewa, juga bisa menjadi mantra di mana yogi mencari bantuan atau ingin menghormati seorang guru.

Advertisements

Dalam yoga, melantunkan mantra adalah praktik yang digunakan para yogi untuk memusatkan konsentrasi pada satu pikiran dan / atau menenangkan pikiran dalam meditasi. Mantra guru dapat sesederhana mengulangi nama ishta devata , atau dewa pribadi, atau dapat berupa serangkaian bunyi bija (benih) atau ungkapan yang bermakna. Misalnya, guru mungkin memberi tahu murid itu untuk mengulangi bunyi primordial, Om (atau Aum ), sebagai japa untuk mantra gurunya.

Guru Brahma, Guru Vishnu, Guru devo Maheshwara, Guru sakshat, param Brahma, tasmai shri guravay namah.

Dalam mantra ini, seorang yogi memohon pada Brahma (kekuatan penciptaan), Wisnu (kekuatan pelestarian) dan devo Maheshwara (kekuatan transformasi). Ini mengakui pelajaran yang dipetik melalui pengalaman hidup dan menghormati guru manusia dan spiritual, termasuk guru di dalamnya.

Guru puja

Banda-ooñ guru pada kanj, kripaa sindu nara roopa hari,
mahaa moha tama punja jaasu ravi kara nikara

Aku bersujud pada kaki teratai guruku, yang merupakan samudera rahmat dan Sri Hari dalam wujud manusia, yang kata-katanya adalah sinar matahari karena membubarkan massa kegelapan ketidaktahuan.

Guru Brahma Guru Wisnu Guru Devo Maheshwara
Guru Saakshat parabrahma, Tasmai Shree guruvey namaha

Aku tunduk padamu, Guru terhormat. Anda adalah Brahma, sang pencipta; Wisnu, pemelihara; dan Maheshwara, perusak; Anda secara langsung adalah Brahman yang tak terbatas.

Akhanda mandalaa kaaruñ vyaaptam yena charaa charañ
Tatpadam darshitam yena, tasmai shree guruvey namaha

Aku tunduk padamu, Guru terhormat. Dengan Rahmatmu, Satu Realitas Tanpa Batas yang meliputi kosmos terungkap.

Na Guroradhikam tatwam, na guroradhikam tapaha
Na guroradhikam jnaanam, tasmai Shree guruvey namaha

Aku tunduk padamu, Guru terhormat. Tidak ada kebenaran yang lebih tinggi dari Anda; tidak ada disiplin yang lebih tinggi daripada kepatuhan kepada Anda; dan tidak ada pengetahuan yang lebih tinggi dari Anda.

Dhyaana mulam guro murtih, puja mulam guro padam
Mantra mulam guro vakyam, moksha mulam guro kripaa

Bentuk Anda adalah akar dari meditasi. Kakimu adalah akar ibadah. Kata-kata Anda adalah akar mantra. Rahmatmu adalah akar pembebasan.

Guru Madhye stitaa maataa, maitri madhye stito guru
Guru maataa namaste stu maatri gurum namamyaham

Shree Guru Charanam
Dari kaki guru,
Shree Hari Sharanam
Seseorang berlindung pada Tuhan

Advertisements

Tinggalkan Balasan