pi network

Pi Network: informasi penting yang harus kamu ketahui

Pi Network

Pi network – sumber https://minepi.com/white-paper

Ketika dunia menjadi semakin digital, cryptocurrency adalah langkah alami berikutnya dalam evolusi uang. Pi adalah mata uang digital pertama yang dikembangkan oleh Pi Network untuk orang biasa, mewakili langkah maju yang besar dalam adopsi cryptocurrency di seluruh dunia.

Misi Pi Network: Membangun platform cryptocurrency dan kontrak pintar yang diamankan dan dioperasikan oleh orang biasa.

Visi Pi Network : Membangun pasar peer-to-peer paling inklusif di dunia, didorong oleh Pi, cryptocurrency yang paling banyak digunakan di dunia

Mengapa cryptocurrency penting
Saat ini

Transaksi keuangan sehari-hari mengandalkan pihak ketiga yang tepercaya untuk menyimpan catatan transaksi. Misalnya, ketika Anda melakukan transaksi bank, sistem perbankan menyimpan catatan & menjamin bahwa transaksi tersebut aman & terpercaya. Demikian juga, ketika Cindy mentransfer $5 ke Steve menggunakan PayPal, PayPal menyimpan catatan utama $5 dolar yang didebit dari rekening Cindy dan $5 dikreditkan ke Steve. Perantara seperti bank, PayPal, dan anggota lain dari sistem ekonomi saat ini memainkan peran penting dalam mengatur transaksi keuangan dunia.

Namun, peran perantara tepercaya ini juga memiliki keterbatasan yaitu:

Penangkapan pendapatan yang tidak adil

Perantara transaksi ini mengumpulkan miliaran dolar dalam penciptaan kekayaan (kapitalisasi pasar PayPal adalah ~$130 miliar), tetapi hampir tidak memberikan apa pun kepada pelanggan mereka – orang-orang biasa di lapangan, yang uangnya menggerakkan sebagian besar ekonomi global. yang pada akhirnya Semakin banyak orang yang tertinggal.

Biaya transaksi yang mahal

Bank dan perusahaan mengenakan biaya besar untuk memfasilitasi transaksi. Biaya-biaya ini sering kali secara tidak proporsional berdampak pada populasi berpenghasilan rendah yang memiliki alternatif paling sedikit.

Sensor dan Pengawasan ketat transaksi

Jika perantara tepercaya tertentu memutuskan bahwa Anda tidak boleh memindahkan uang Anda, maka bank/perantara transaksi dapat membatasi pergerakan uang Anda.

Pembatasan izin transaksi

Perantara tepercaya atau Bank berfungsi sebagai penjaga gerbang yang dapat secara sewenang-wenang mencegah siapa pun menjadi bagian dari jaringan.

Keamanan privasi

Pada saat masalah privasi semakin mendesak, penjaga gerbang yang kuat ini dapat secara tidak sengaja mengungkapkan — atau memaksa Anda untuk mengungkapkan — lebih banyak informasi keuangan tentang diri Anda daripada yang mungkin Anda inginkan kepada pihak lain.

pi network

Klaim uang crypto kamu sekarang, Kami mengirimi anda 1π! Pi adalah mata uang digital baru yang dikembangkan oleh Stanford PhD, dengan lebih dari 25 juta anggota di seluruh dunia. Untuk mengklaim Pi Anda, ikuti tautan ini https://minepi.com/yogak989 dan gunakan kode undangan >> yogak989 << sebagai kode undangan Anda.

Nb: proses registrasi wajib/membutuhkan kode undangan untuk mendaftar. Anggota baru tidak dapat melakukan registrasi tanpa kode undangan member yg telah terdaftar!

Sistem uang elektronik peer-to-peer

Bitcoin, diluncurkan pada tahun 2009 oleh programmer (atau kelompok) anonim Satoshi Nakamoto, adalah momen penting untuk kebebasan uang. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, orang dapat bertukar nilai dengan aman, tanpa memerlukan pihak ketiga atau perantara tepercaya. Membayar dalam Bitcoin berarti bahwa orang-orang seperti Steve dan Cindy dapat saling membayar secara langsung, melewati biaya institusional, hambatan, dan gangguan. Bitcoin benar-benar mata uang tanpa batas, menggerakkan dan menghubungkan ekonomi global baru.

Pengantar Buku Besar Terdistribusi

Bitcoin mencapai prestasi bersejarah ini dengan menggunakan catatan terdistribusi . Sementara sistem keuangan saat ini bergantung pada catatan kebenaran pusat tradisional, catatan Bitcoin dikelola oleh komunitas “validator” terdistribusi, yang mengakses dan memperbarui buku besar publik ini. Bayangkan protokol Bitcoin sebagai “Google Sheet” yang dibagikan secara global yang berisi catatan transaksi, divalidasi, dan dikelola oleh komunitas terdistribusi ini.

Terobosan Bitcoin (dan teknologi blockchain umum) adalah bahwa, meskipun catatan disimpan oleh komunitas, teknologi memungkinkan mereka untuk selalu mencapai konsensus tentang transaksi yang benar, memastikan bahwa penipu tidak dapat mencatat transaksi palsu atau mengambil alih sistem. Kemajuan teknologi ini memungkinkan penghapusan perantara terpusat, tanpa mengorbankan keamanan finansial transaksional.

Manfaat dari buku besar yang didistribusikan

Selain desentralisasi, bitcoin, atau cryptocurrency secara umum, bagikan beberapa properti bagus yang menghasilkan uang lebih cerdas dan aman, meskipun cryptocurrency yang berbeda mungkin lebih kuat di beberapa properti dan lebih lemah di properti lain, berdasarkan implementasi protokol mereka yang berbeda. Cryptocurrency disimpan di dompet kriptografi yang diidentifikasi oleh alamat yang dapat diakses publik, dan diamankan dengan kata sandi pribadi yang sangat kuat, yang disebut kunci pribadi. Kunci pribadi ini menandatangani transaksi secara kriptografis dan hampir tidak mungkin untuk membuat tanda tangan palsu. Ini memberikan keamanan dan unseizability.

Tidak seperti rekening bank tradisional yang dapat disita oleh otoritas pemerintah, cryptocurrency di dompet Anda tidak akan pernah dapat diambil oleh siapa pun tanpa kunci pribadi Anda. Cryptocurrency tahan terhadap sensor karena sifatnya yang terdesentralisasi karena siapa pun dapat mengirimkan transaksi ke komputer mana pun di jaringan untuk dicatat dan divalidasi. Transaksi mata uang kripto tidak dapat diubah karena setiap blok transaksi mewakili bukti kriptografis (hash) dari semua blok sebelumnya yang ada sebelumnya. Setelah seseorang mengirimi Anda uang, mereka tidak dapat mencuri kembali pembayaran mereka kepada Anda (yaitu, tidak ada cek terpental di blockchain).

Beberapa cryptocurrency bahkan dapat mendukung transaksi atom.“Kontrak pintar” yang dibangun di atas mata uang kripto ini tidak hanya mengandalkan hukum untuk penegakannya, tetapi secara langsung ditegakkan melalui kode yang dapat diaudit secara publik, yang membuatnya tidak dapat dipercaya dan berpotensi menyingkirkan perantara di banyak bisnis, misalnya Escrow untuk real estat.

Mengamankan buku besar yang didistribusikan (Penambangan)


Salah satu tantangan dalam memelihara catatan transaksi terdistribusi adalah keamanan — khususnya, bagaimana memiliki buku besar yang terbuka dan dapat diedit sambil mencegah aktivitas penipuan. Untuk mengatasi tantangan ini, Bitcoin memperkenalkan proses baru yang disebut Penambangan (menggunakan algoritma konsensus “Bukti Kerja”) untuk menentukan siapa yang “dipercaya” untuk membuat pembaruan pada catatan transaksi bersama.

Anda dapat menganggap penambangan sebagai jenis permainan ekonomi yang memaksa “Validator” untuk membuktikan kemampuannya ketika mencoba menambahkan transaksi ke dalam catatan. Untuk memenuhi syarat, Validator harus memecahkan serangkaian teka-teki komputasi yang kompleks. Validator yang memecahkan teka-teki terlebih dahulu dihargai dengan diizinkan untuk memposting blok transaksi terbaru. Memposting blok transaksi terbaru memungkinkan Validator untuk “menambang” Hadiah Blok – saat ini 12,5 bitcoin (atau ~$40.000 pada saat penulisan).

Proses ini sangat aman, tetapi menuntut daya komputasi dan konsumsi energi yang sangat besar karena pengguna pada dasarnya “membakar uang” untuk memecahkan teka-teki komputasi yang menghasilkan lebih banyak Bitcoin. Rasio burn-to-reward sangat menghukum sehingga Validator selalu berkepentingan untuk memposting transaksi jujur ​​ke catatan Bitcoin.

Masalah: Sentralisasi kekuasaan dan uang membuat Cryptocurrency Generasi Pertama di luar jangkauan


Pada hari-hari awal Bitcoin, ketika hanya beberapa orang yang bekerja untuk memvalidasi transaksi dan menambang blok pertama, siapa pun dapat memperoleh 50 BTC hanya dengan menjalankan perangkat lunak penambangan Bitcoin di komputer pribadi mereka. Ketika mata uang mulai mendapatkan popularitas, penambang yang cerdas menyadari bahwa mereka dapat memperoleh lebih banyak jika mereka memiliki lebih dari satu komputer yang berfungsi untuk menambang.

Ketika Bitcoin terus meningkat nilainya, seluruh perusahaan mulai bermunculan untuk menambang. Perusahaan-perusahaan ini mengembangkan chip khusus (“ASIC”) dan membangun server server yang besar menggunakan chip ASIC ini untuk menambang Bitcoin. Munculnya perusahaan pertambangan besar ini, yang dikenal mendorong Bitcoin Gold Rush, membuatnya sangat sulit bagi orang biasa untuk berkontribusi pada jaringan dan mendapatkan imbalan. Upaya mereka juga mulai memakan energi komputasi dalam jumlah yang semakin besar, berkontribusi pada meningkatnya masalah lingkungan di seluruh dunia.

Kemudahan menambang Bitcoin dan kebangkitan selanjutnya dari peternakan penambangan Bitcoin dengan cepat menghasilkan sentralisasi besar-besaran kekuatan produksi dan kekayaan dalam jaringan Bitcoin. Untuk memberikan beberapa konteks, 87% dari semua Bitcoin sekarang dimiliki oleh 1% dari jaringan mereka, banyak dari koin ini ditambang secara gratis di hari-hari awal mereka. Sebagai contoh lain, Bitmain, salah satu operasi penambangan terbesar Bitcoin telah menghasilkan miliaran pendapatan dan keuntungan .

Pemusatan kekuasaan dalam jaringan Bitcoin membuatnya sangat sulit dan mahal bagi kebanyakan orang. Jika Anda ingin mendapatkan Bitcoin, opsi termudah Anda adalah:

Tambang Sendiri. Cukup hubungkan perangkat keras khusus (inilah rig di Amazon , jika Anda tertarik!) dan pergilah ke kota. Ketahuilah bahwa karena Anda akan bersaing dengan server farm besar dari seluruh dunia, menghabiskan energi sebanyak negara Swiss, Anda tidak akan dapat menambang banyak

Beli Bitcoin di bursa. Hari ini, Anda dapat membeli Bitcoin dengan harga satuan $3.500 / koin pada saat penulisan (catatan: Anda dapat membeli sejumlah pecahan Bitcoin!) Tentu saja, Anda juga akan mengambil risiko besar dalam melakukannya karena harga Bitcoin cukup fluktuatif.

Bitcoin adalah yang pertama menunjukkan bagaimana cryptocurrency dapat mengganggu model keuangan saat ini, memberi orang kemampuan untuk melakukan transaksi tanpa ada pihak ketiga yang menghalangi. Peningkatan kebebasan, fleksibilitas, dan privasi terus mendorong langkah yang tak terhindarkan menuju mata uang digital sebagai norma baru. Terlepas dari manfaatnya, konsentrasi uang dan kekuatan Bitcoin (kemungkinan tidak disengaja) menghadirkan penghalang yang berarti untuk adopsi arus utama. Karena tim inti Pi telah melakukan penelitian untuk mencoba memahami mengapa orang enggan memasuki ruang cryptocurrency. Orang-orang secara konsisten menyebut risiko berinvestasi/menambang sebagai penghalang utama untuk masuk.

Solusi Pi Network – Mengaktifkan penambangan di ponsel

Setelah mengidentifikasi hambatan utama untuk adopsi ini, Tim Inti Pi berangkat untuk menemukan cara yang memungkinkan orang biasa untuk menambang (atau mendapatkan hadiah cryptocurrency untuk memvalidasi transaksi pada catatan transaksi yang didistribusikan). Sebagai penyegaran, salah satu tantangan utama yang muncul dengan memelihara catatan transaksi terdistribusi adalah memastikan bahwa pembaruan catatan terbuka ini tidak curang. Sementara proses Bitcoin untuk memperbarui catatannya terbukti (membakar energi / uang untuk membuktikan kepercayaan), itu tidak terlalu ramah pengguna (atau planet!). Untuk Pi, kami memperkenalkan persyaratan desain tambahan untuk menggunakan algoritme konsensus yang juga akan sangat ramah pengguna dan idealnya memungkinkan penambangan di komputer pribadi dan ponsel.

Dalam membandingkan algoritme konsensus yang ada (proses yang mencatat transaksi ke dalam buku besar yang didistribusikan), Stellar Consensus Protocol muncul sebagai kandidat utama untuk memungkinkan penambangan mobile-first yang ramah pengguna. Stellar Consensus Protocol (SCP) dirancang oleh David Mazières seorang profesor Ilmu Komputer di Stanford yang juga menjabat sebagai Kepala Ilmuwan di Stellar Development Foundation . SCP menggunakan mekanisme baru yang disebut Perjanjian Bizantium Federasi untuk memastikan bahwa pembaruan ke buku besar yang didistribusikan akurat dan dapat dipercaya. SCP juga diterapkan dalam praktik melalui blockchain Stellar yang telah beroperasi sejak 2015 .

Pengantar yang disederhanakan untuk algoritma konsensus

Sebelum beralih ke pengenalan algoritma konsensus Pi, ada baiknya untuk memiliki penjelasan sederhana tentang apa yang dilakukan algoritma konsensus untuk blockchain dan jenis algoritma konsensus yang umumnya digunakan oleh protokol blockchain saat ini, misalnya Bitcoin dan SCP. Bagian ini secara eksplisit ditulis dengan cara yang terlalu disederhanakan demi kejelasan, dan tidak lengkap. Untuk akurasi yang lebih tinggi, lihat bagian Adaptasi ke SCP di bawah dan baca makalah protokol konsensus bintang.

Blockchain adalah sistem terdistribusi yang toleran terhadap kesalahan yang bertujuan untuk memesan daftar blok transaksi secara total. Sistem terdistribusi yang toleran terhadap kesalahan adalah bidang ilmu komputer yang telah dipelajari selama beberapa dekade. Mereka disebut sistem terdistribusi karena mereka tidak memiliki server terpusat tetapi mereka terdiri dari daftar komputer terdesentralisasi (disebut node atau rekan ) yang perlu mencapai konsensus tentang apa konten dan total pemesanan blok. Mereka juga disebut toleransi kesalahan karena mereka dapat mentolerir tingkat tertentu dari node yang salah ke dalam sistem (misalnya hingga 33% dari node dapat rusak dan sistem secara keseluruhan terus beroperasi secara normal).

Ada dua kategori besar dari algoritma konsensus: Yang memilih node sebagai pemimpin yang menghasilkan blok berikutnya, dan yang tidak ada pemimpin eksplisit tetapi semua node mencapai konsensus tentang apa blok berikutnya setelah bertukar suara dengan mengirim pesan komputer satu sama lain. (Sebenarnya, kalimat terakhir mengandung banyak ketidakakuratan, tetapi ini membantu kami menjelaskan garis besarnya.)

Bitcoin menggunakan tipe pertama dari algoritma konsensus: Semua node bitcoin bersaing satu sama lain dalam memecahkan teka-teki kriptografi. Karena solusi ditemukan secara acak, pada dasarnya node yang menemukan solusi pertama, secara kebetulan, dipilih sebagai pemimpin putaran yang menghasilkan blok berikutnya. Algoritma ini disebut “Bukti kerja” dan menghasilkan banyak konsumsi energi.

Pengantar sederhana untuk Stellar Consensus Protocol

Pi menggunakan jenis lain dari algoritma konsensus dan didasarkan pada Stellar Consensus Protocol (SCP) dan algoritma yang disebut Federated Byzantine Agreement (FBA). Algoritme seperti itu tidak memiliki pemborosan energi tetapi memerlukan pertukaran banyak pesan jaringan agar node mencapai “konsensus” tentang apa yang seharusnya menjadi blok berikutnya. Setiap node dapat secara independen menentukan apakah suatu transaksi valid atau tidak, misalnya otoritas melakukan transisi dan pengeluaran ganda, berdasarkan tanda tangan kriptografi dan riwayat transaksi. Namun, agar jaringan komputer dapat menyetujui transaksi mana yang akan dicatat dalam satu blok dan urutan transaksi dan blok ini, mereka perlu saling mengirim pesan dan memiliki beberapa putaran pemungutan suara untuk mencapai konsensus.

Secara intuitif, usulkan kita semua memilih blok A untuk menjadi yang berikutnya”; “Saya memilih blok A untuk menjadi blok berikutnya”; “Saya mengonfirmasi bahwa mayoritas node yang saya percayai juga memilih blok A”, dari mana algoritme konsensus memungkinkan node ini menyimpulkan bahwa “A adalah blok berikutnya; dan tidak ada blok selain A sebagai blok berikutnya”; Meskipun langkah pemungutan suara di atas tampak banyak, internet cukup cepat dan pesan-pesan ini ringan, sehingga algoritme konsensus seperti itu lebih ringan daripada bukti kerja Bitcoin. Salah satu perwakilan utama dari algoritma tersebut disebut Byzantine Fault Tolerance (BFT). Beberapa blockchain teratas saat ini didasarkan pada varian BFT, seperti NEO dan Ripple.

Salah satu kritik utama BFT adalah bahwa ia memiliki titik sentralisasi: karena pemungutan suara terlibat, kumpulan node yang berpartisipasi dalam “kuorum” pemungutan suara ditentukan secara terpusat oleh pembuat sistem pada awalnya. Kontribusi FBA adalah bahwa, alih-alih memiliki satu kuorum yang ditentukan secara terpusat, setiap node menetapkan “irisan kuorum” mereka sendiri, yang pada gilirannya akan membentuk kuorum yang berbeda. Node baru dapat bergabung dengan jaringan dengan cara yang terdesentralisasi: mereka mendeklarasikan node yang mereka percayai dan meyakinkan node lain untuk mempercayai mereka, tetapi mereka tidak harus meyakinkan otoritas pusat mana pun.

SCP adalah salah satu instantiasi FBA. Alih-alih membakar energi seperti dalam algoritma konsensus bukti kerja Bitcoin, node SCP mengamankan catatan bersama dengan menjamin node lain dalam jaringan sebagai yang dapat dipercaya. Setiap node dalam jaringan membangun irisan kuorum, yang terdiri dari node lain dalam jaringan yang mereka anggap dapat dipercaya. Kuorum dibentuk berdasarkan potongan kuorum anggotanya, dan validator hanya akan menerima transaksi baru jika dan hanya jika sebagian node dalam kuorum mereka juga akan menerima transaksi tersebut. Saat validator di seluruh jaringan membangun kuorum mereka, kuorum ini membantu node untuk mencapai konsensus tentang transaksi dengan jaminan keamanan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Protokol Konsensus Stellar dengan melihat ringkasan teknis SCP ini .

Adaptasi Pi ke Stellar Consensus Protocol (SCP)

Algoritme konsensus Pi dibangun di atas SCP. SCP telah terbukti secara resmi [ Mazieres 2015 ] dan saat ini diimplementasikan dalam Jaringan Stellar. Tidak seperti Jaringan Stellar yang sebagian besar terdiri dari perusahaan dan institusi (misalnya, IBM) sebagai node, Pi bermaksud untuk memungkinkan perangkat individu untuk berkontribusi pada tingkat protokol dan mendapatkan imbalan, termasuk ponsel, laptop, dan komputer. Di bawah ini adalah pengantar tentang bagaimana Pi menerapkan SCP untuk memungkinkan penambangan oleh individu.

Ada empat peran yang dapat dimainkan oleh pengguna Pi, sebagai penambang Pi. Yaitu:

Perintis/Pionir

Pengguna aplikasi seluler Pi yang hanya mengonfirmasi bahwa mereka bukan “robot” setiap hari. Pengguna ini memvalidasi kehadiran mereka setiap kali mereka masuk ke aplikasi. Mereka juga dapat membuka aplikasi untuk meminta transaksi (misalnya melakukan pembayaran dalam Pi ke Pioneer lain)

Kontributor

Pengguna aplikasi seluler Pi yang berkontribusi dengan memberikan daftar perintis yang dia kenal dan percayai. Secara agregat, kontributor Pi akan membangun grafik kepercayaan global.

Duta Besar/Ambasador

Pengguna aplikasi seluler Pi yang memperkenalkan pengguna lain ke jaringan Pi.

Node/simpul

Pengguna yang merupakan pionir, kontributor yang menggunakan aplikasi seluler Pi, dan juga menjalankan perangkat lunak simpul Pi di komputer desktop atau laptop mereka. Perangkat lunak Pi node adalah perangkat lunak yang menjalankan algoritma inti SCP, dengan mempertimbangkan informasi grafik kepercayaan yang diberikan oleh Kontributor.

Seorang pengguna dapat memainkan lebih dari satu peran di atas. Semua peran diperlukan, sehingga semua peran dihargai dengan Pi yang baru dicetak setiap hari selama mereka berpartisipasi dan berkontribusi selama hari itu. Dalam definisi longgar dari “penambang” menjadi pengguna yang menerima mata uang yang baru dicetak sebagai hadiah atas kontribusi, keempat peran dianggap sebagai penambang Pi. Pi Network mendefinisikan “penambangan” lebih luas daripada makna tradisionalnya yang disamakan dengan mengeksekusi algoritma konsensus bukti kerja seperti dalam Bitcoin atau Ethereum.