Shiva Sloka dan Puja

Guru puja
60 / 100

Shiva Sloka dan Puja

Shiva Sloka dan Puja Doa yang paling penting untuk memohon dan menyenangkan Dewa Siwa dilakukan pada Pradosha , hari ketiga belas setiap dua minggu dalam kalender Hindu , dan pada Maha Shivaratri menurut Shaivism . Di sini, Sloka Siwa yang paling kuat dan populer adalah sebagai berikut:

Mahamrityunjaya Mantra berbunyi

Tryambaka yajāmahe sugandhiṃ puṣṭi-vardhanam urvāruk miva bandhanān mṛtyor mukṣīya māmṛtāt

Advertisements

Artinya” ; OM. Kami menyembah dan memujamu, hai yang bermata tiga, hai Siwa. Kamu adalah kegembiraan yang manis, aroma kehidupan, yang memelihara kami, memulihkan kesehatan kami, dan membuat kami berkembang. Seperti, pada waktunya, batang dari mentimun melemah, dan labu dibebaskan dari pokok anggur, sehingga membebaskan kita dari kemelekatan dan kematian, dan tidak menahan keabadian. “

Panchakshara Stotra dengan Om :

Kata suci nyanyian untuk menyembah-Nya terbuat dari lima huruf dan secara populer disebut Panchakshara- Na, Ma, Śi, Vā, dan Ya . Menurut tradisi Hindu, tubuh manusia dianggap terdiri dari lima unsur dan huruf suci ini mewakili unsur-unsur ini. 

Na mempersucikan Prithvi Tattva (elemen Bumi),

Ma melakukan hal yang sama dengan Jal Tattva (faktor Air)

Si memberi energi Agni Tattva (elemen api)

Va memberi energi Vayu Tattva (faktor udara) dan akhirnya

Ya memberi energi Akasha Tattva (elemen Langit / Luar Angkasa).

Dalam Stotra yang populer ini, masing-masing surat suci ini dianggap mewakili Shiva dan Tuhan dipuji karena sifat-sifat besarnya.

” Om Namah Shivaya “

“Aku menghormati keilahian dalam diriku.” “Semoga elemen-elemen ciptaan ini tetap berada dalam diriku dengan sempurna.” “Semoga yang terhebat di dunia ini bisa diciptakan dalam diriku, pada orang lain dan di dunia ini.” “Aku tunduk pada Dewa Siwa.”

Lingashtakam

Sri Lingashtakam adalah himne 8-canto populer yang dinyanyikan selama penyembahan Dewa Siwa. Liriknya seperti di bawah ini.

Himne 1

Brahma Muraari Suraarchita Lingam

Nirmala Bhashita Shobhita Lingam

Janmaja Dukha Vinaashaka Lingam

Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Artinya: Saya bersujud di hadapan Sada Shiva Linga, yang dipuja oleh Brahma, Wisnu dan Dewa-dewa lainnya, yang dipuji oleh pidato suci dan suci dan yang menghancurkan siklus kelahiran dan kematian.

Himne 2

Devamuni Pravaraarchita Lingam

Kaamadaham Karunaakara Lingam

Raavana Darpa Vinaashaka Lingam

Tat Pranamaami Sada Shiva Lingam

Artinya: Saya sujud di hadapan Sada Shiva Linga, yang merupakan penghancur hasrat, yang disembah oleh para dewa dan orang bijak, yang berbelas kasih tanpa batas dan yang menundukkan kesombongan Raavana.

Himne 3

Sarva Sugandha Sulepitha Lingam

Buddhi Vivardhana Kaarana Lingam

Siddha Suraasura Vanditha Lingam

Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Artinya: Saya sujud di hadapan Sada Shiva Linga, yang dioleskan dengan parfum dan aroma yang beraneka ragam, yang mengangkat kekuatan pikiran dan menyulut cahaya diskriminasi, dan sebelum itu Siddha dan Sura serta Asura bersujud.

Himne 4

Kanaka Mahaamani Bhushitha Lingam

Phanipathi Veshtitha Shobhitha Lingam

Daksha Suyajna Vinaashaka Lingam

Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Artinya: Saya sujud di hadapan Sada Shiva Linga, perusak pengorbanan Daksha, yang dihiasi dengan berbagai ornamen, bertabur permata dan batu rubi yang berbeda dan yang bercahaya dengan karangan bunga ular yang melingkar di sekelilingnya.

Himne 5

Kumkuma Chandana Lepitha Lingam

Pankaja Haara Sushobhitha Lingam

Sanchita Paapa Vinaashaka Lingam

Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Artinya: Saya sujud di hadapan Sada Shiva Linga, yang diolesi saffron dan pasta cendana, yang dihiasi dengan karangan bunga teratai dan yang menghapus semua dosa yang terakumulasi.

Himne 6

Devaganaarchitha Sevitha Lingam

Bhaavair Bhakti Bhirevacha Lingam

Dinakara Koti Prabhakara Lingam

Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Artinya: Saya bersujud di hadapan Sada Shiva Linga yang disembah oleh banyak Dewa dengan pikiran tulus yang penuh dengan iman dan pengabdian dan yang kemegahannya seperti sejuta matahari.

Himne 7

Ashta Dalopari Veshtitha Lingam

Sarva Samudbhava Kaarana Lingam

Ashta Daridra Vinaashaka Lingam

Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Artinya: Saya sujud di hadapan Sada Shiva Linga, perusak segala kemiskinan dan kesengsaraan dalam delapan aspeknya, yang merupakan penyebab dari semua ciptaan dan yang berdiri di atas delapan kelopak bunga Lotus.

Himne 8

Suraguru Suravara Pujitha Lingam

Suravana Pushpa Sadaarchitha Lingam

Paraatparam Paramatmaka Lingam

Tat Pranamaami Sadaa Shiva Lingam

Artinya: Saya sujud di hadapan Sada Shiva Linga yang merupakan Wujud Transenden dan Diri Tertinggi, disembah oleh semua Sura dan pembimbing mereka (Brhaspathi), dengan bunga yang tak terhitung banyaknya dari taman surgawi.

Advertisements

Tinggalkan Balasan