Shri Vishnu Mantra

80 / 100

Shri Vishnu Mantra  

Om Namo Bhagavate Vasudevaya ( ॐ नमो भगवते वासुदेसुदाव ) adalah salah satu mantra Hindu  atau Shri Vishnu Mantra paling populer dan mantra paling penting dalam Vaishnavism . Ini disebut sebagai Mantra Dwadasakshari atau hanya Dwadasakshari yang berarti mantra “dua belas suku kata” yang didedikasikan untuk Dewa Krishna / Wisnu.

Dwadashaakshara Mantra

Mantra ini ditemukan dalam Wisnu Purana , dalam kisah Dhruva . Dhruva bertanya kepada tujuh Rshi besar ( Saptarishis ) tentang cara yang tepat untuk menyembah Vasudeva. Orang-orang kudus memberitahunya tentang Mantra agung ini, dan mereka juga mengatakan bahwa mantra ini pertama kali digunakan oleh kakek Dhruva, Svayambhuva Manu untuk menyembah Vasudeva.

Advertisements

Dengan memuaskan Vasudeva dengan mantra ini, Kakek Dhruva, Svayambhuva mencapai hasrat hatinya – posisi seorang Manu . Vasudeva memberikan Dhruva posisi tetap yang berada di atas Matahari ( Surya ), Bulan ( Chandra ), dan semua planet dan bintang lainnya: Mangal , Budha , Brihaspati , Shukra , Shani , dll

Bentuk singkatnya adalah:

Om Namo Bhagavate Vasudevaya. Artinya: Saya menawarkan penghormatan saya untuk Bhagawan Vasudeva.

Bentuk lengkapnya adalah:

Hiranya Garbha Purusha Pradhana Avyakta RupineOm Namah Vaasudevaye Shudh Gyan Svarupine.

Artinya: Saya bersujud kepada-Nya, yang memiliki rahim emas, yang merupakan jiwa abadi dan kodrat ( Prakrti ), halus dan tersembunyi.Saya bersujud kepada Dewa Vasudeva, yang memiliki bentuk pengetahuan murni (atau yang dilihat melalui pengetahuan yang murni).

Baca Juga;

Shri Vishnu Mantra

SHAANTAAKAARAM 
BHUJAGASHAYANAM 
PADMANAABHAM SURESHAM.

VISHWAADHAARAM 
GAGANASADRASHAM 
MEGHAVARNAM SHUBHAANGAM. 

LAKSHMIKAANTAM KAMALANAYANAM 
YOGIBHIRDHYAANAGAMYAM. 

VANDE VISHNUM 
BHAVABHAYAHARAM 
SARVALOKAIKANAATHAM.

Artinya:

Saya bersujud kepada Dewa Wisnu Sang Penguasa Alam Semesta. Yang selalu damai. Yang bersandar di tempat tidur ular besar. Dari pusar yang memuntahkan Lotus Kekuatan Kreatif.

Ia adalah Makhluk Tertinggi. Ia mendukung seluruh alam semesta.
Ia adalah serba seperti langit. Ia gelap seperti awan dan memiliki bentuk yang indah. 

Dewi Laksmi, Yang bermata lotus, 
yang dapat dirasakan oleh para yogi melalui meditasi.
Dia, adalah penghancur rasa takut terhadap Samsar.

Advertisements

Tinggalkan Balasan