Catur Guru: 4 Guru yang wajib dihormati

Dipublikasikan oleh Gst Komang Yoga pada

Catur Guru bhakti

Catur Guru merupakan salah satu filsafat hidup masyarakat Hindu di Bali yang nilai-nilainya telah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Bagian-bagian Catur Guru
terdiri dari Guru Swadyaya (Tuhan), Guru Rupaka (orang tua), Guru Pangajian (guru di sekolah) dan Guru Wisesa (pemerintah).

Kesusasteraan Hindu meliputi kitab-kitab yang menceritakan kisah kepahlawanan maupun berisikan ajaran tentang nilai-nilai luhur, moral, etika, dan tata cara hidup yang hingga saat ini masih dijunjung tinggi oleh masyarakat Hindu.

Terdapat banyak kesusastraan Hindu yang memuat ajaran Catur Guru, diantaranya yaitu kitab Mahabharata, kitab Nitisastra, kitab Upanisad, kitab Bhagawadgita, dll.

https://eprints.uny.ac.id/67119/

Pengertian Catur Guru

Catur artinya empat dan Guru artinya Guru atau pembimbing, jadi Catur guru dapat diartikan empat guru yang mempunyai tugas yang sangat berat dalam membimbing umat untuk mewujudkan keserasian, keselarasan dan keseimbangan dalam masyarakat Hindu, tidak terlepas dari disiplin dalam setiap tingkah laku kita sehari-hari lebih terhadap keempat Guru. Berbhakti kepada keempat guru itu adalah suatu kewajiban. Didalam etika atau susila agama Hindu, disebutkan catur guru adalah mereka yang harus kita hormati.

Bagian-bagian Catur Guru

catur guru

Guru Swadyaya

Guru Swadyaya disebut juga guru sejati. Dinamakan guru sejati karena Beliau adalah Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Dinyatakan sebagai guru karena Tuhan adalah pembimbing utama bagi umat manusia yang tidak ada bandingannya. Beliau Mahatahu, beliau juga Mahakuasa, dan Maha-sakti. Karena itu sebagai manusia kita perlu mewujudkan rasa bhakti kita kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh dan tulus ikhlas. Selalu bersyukur atas karunia-Nya

Guru Rupaka

Guru Rupaka atau Guru Reka adalah orang tua atau Ibu Bapak kita di rumah, sebagai orang pertama yang memberikan pendidikan kepada kita. Manusia tumbuh dan berkembang adalah berkat pendidikan dan asuhan orang tuanya. Karena itu anak-anak harus menghargai orang tuanya.

Guru Pengajian

Guru pengajian atau Guru Waktra adalah guru yang memberikan pendidikan dan pengajaran kepada kita di sekolah. Guru di sekolah memberikan ilmu pengetahuan kepada muridmuridnya, sehingga siswa menjadi pandai dan terhindar dari kebodohan sehingga terbebas dari penderitaan. Karena itulah siswa-siswi harus menghargai dan menghormati gurunya.

Guru Wisesa

Guru wisesa adalah Pemerintah. Disebut guru wisesa karena Guru itulah yang nga-wisesa atau memerintah, melayani, menciptakan ketentraman dan kesejahteraan masyarakat.

pendidikanagamahindu/bahan-ajar-1/bagian-bagian-catur-guru

Lihat juga: Guru Puja
Tulis komentar
Kategori: Tradisi

Gst Komang Yoga

Gst Komang Yoga

Hi, saya Gst. km. yoga, Saya adalah author situs web Puja Shanti.

ConveyThis